COCOMO merupakan singkatan dari Constructive Cost Model yaitu algortima
model estimasi biaya perangkat lunak yang dikembangkan dan diterbitkan oleh
Barry Boehm. Cocomo merupakan sebuah model model untuk memperkirakan
usaha, biaya dan jadwal untuk proyek-proyek perangkat lunak.
COCOMO merupakan model terbuka sehingga semua detail dapat dipublikasi,
termasuk :
·
Dasar persamaan perkiraan biaya
·
Setiap asumsi yang dibuat dalam model
·
Setiap definisi
·
Biaya yang disertakan dalam perkiraan dinyatakan secara eksplisit
Jenis-jenis COCOMO :
1. Basic (COCOMO I 1981)
Menghitung dari estimasi jumlah LOC (Lines of Code). Pengenalan Cocomo ini
diawali tahun 70-an akhir. Sang pelopor Boehm, melakukan riset dengan mengambil
kasus dari 63 proyek perangkat lunak untuk membuat model matematisnya. Model
dasar dari model ini adalah sebuah persamaan sebagai barikut :
effort = C * size^M
effort = C * size^M
Ket:
effort : adalah usaha yang dibutuhkan selama proyek, diukur dalam person-months;
c dan M : adalah konstanta-konstanta yang dihasilkan dalam riset Boehm dan tergantung pada penggolongan besarnya proyek perangkat lunak;
c dan M : adalah konstanta-konstanta yang dihasilkan dalam riset Boehm dan tergantung pada penggolongan besarnya proyek perangkat lunak;
size : adalah estimasi jumlah baris kode yang dibutuhkan untuk
implementasi, dalam satuan KLOC (kilo lines of code)
Ukuran program dinyatakan dalam KLOC. Model Cocomo dapat
diaplikasikan dalam tiga tingakatan kelas yaitu :
· Proyek Organic (Organic Mode) adalah proyek dengan ukuran relatif kecil,
dengan anggota team yang sudah berpengalaman dan mampu bekerja pada permintaan
yang relatif fleksibel.
·
Proyek Sedang (Semi-Detached Mode) merupakan proyek yang memiliki ukuran
dan tingkat kerumitan yang sedang, dan tiap anggota tim memiliki tingkat
keahlian yang berbeda.
·
Proyek Terintegrasi (Embedded Mode), Proyek yang dibangun denga spesifikasi
dan operasi yang ketat.
Model COCOMO
dasar ditunjukkan dalam persamaan 1, 2, dan 3 berikut ini:
keterangan :
·
E : besarnya usaha (orang-bulan)
·
D : lama waktu
pengerjaan (bulan)
·
KLOC : estimasi jumlah baris
kode (ribuan)
·
P : jumlah orang yang
diperlukan.
2. COCOMO Menengah (Intermediet COCOMO)
Intermediate COCOMO menghitung usaha pengembangan perangkat
lunak sebagai fungsi ukuran program dan sekumpulan “cost drivers” yang mencakup
penilaian subjektif produk, perangkat keras, personil dan atribut proyek.
Ekstensi ini mempertimbangkan satu set empat “cost drivers”, masing-masing
dengan sejumlah atribut anak:
- Atribut produk
(product attributes)
- Perangkat lunak yang
disyaratkan reliabilitas (RELY)
- Ukuran database
aplikasi (DATA)
- Kompleksitas produk
(CPLX)
- Hardware atribut
(computer attibutes)
- Run-time kinerja
kendala (TIME)
- Memori kendala (STOR)
- Volatilitas
lingkungan mesin virtual (VIRT)
- Diperlukan waktu
pembalikan haluan (TURN)
- Personil atribut
(personnel attributes)
- Analis kemampuan
(ACAP)
- Kemampuan rekayasa
perangkat lunak (PCAP)
- Aplikasi pengalaman
(AEXP)
- Mesin virtual
pengalaman (VEXP)
- Bahasa pemrograman
pengalaman (LEXP)
- Proyek atribut
- Penggunaan perangkat
lunak (MODP)
- Penerapan metode
rekayasa perangkat lunak (TOOL)
- Diperlukan jadwal
pengembangan (SCED)
3. COCOMO Detil (Detailed COCOMO)
Detil COCOMO menggabungkan semua karakteristik versi intermediate dengan
penilaian dampak cost driver di setiap langkah (analisis, desain, dll) dari
proses rekayasa perangkat lunak 1. model rinci kegunaan yang berbeda upaya
pengali untuk setiap driver biaya atribut tersebut Sensitif pengganda Tahap upaya
masing-masing untuk menentukan jumlah usaha yang dibutuhkan untuk menyelesaikan
setiap tahap.
Pada COCOMO detail, upaya dihitung sebagai fungsi dari ukuran program dan
satu set driver biaya yang diberikan sesuai dengan tiap tahap siklus hidup
rekayasa perangkat lunak. Fase yang digunakan dalam COCOMO detail, perencanaan
kebutuhan dan perancangan perangkat lunak, perancangan detil, kode dan menguji
unit, dan pengujian integrasi.
Referensi :
http://jigokushoujoblog.wordpress.com/2011/04/13/cocomo-constructive-cost-model/
0 komentar:
Posting Komentar