Pages

Minggu, 08 Mei 2011

KEADILAN

Adil dapat dikatakan sama rata atau seimbang. Menurut wikipedia Keadilan adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal, baik menyangkut benda atau orang. Menurut sebagian besar teori, keadilan memiliki tingkat kepentingan yang besar. John Rawls, filsuf Amerika Serikat yang dianggap salah satu filsuf politik terkemuka abad ke-20, menyatakan bahwa "Keadilan adalah kelebihan (virtue) pertama dari institusi sosial, sebagaimana halnya kebenaran pada sistem pemikiran”.
Bagi sebagian orang bersikap adil memang terasa sangat sulit, karena untuk mendapatkan keputusan yang adil diperlukan pemikiran yang sangat matang. Sebagai salah satu contohnya adalah keadilan dalam suatu keluarga.
Dimana orang tua selalu ingin bersikap adil kepada anak-anaknya. Namun tidak semua anaknya yang merasakan keadilan dari orang tua mereka. Kebanyakan anak-anak berfikir bahwa orang tua mereka tidak dapat bersikap adil. Anak yang belum berfikir dewasa cenderung memiliki rasa kecemburuan yang sangat besar. Contohnya di sebuah keluarga memiliki 2 orang anak. Anak yang pertama sebelum memiliki adik dia selalu diberi kasih sayang penuh dengan orang tuanya, bahkan orang tuanya menuruti semua yang diinginkan oleh anak tersebut. Dia sangat merasakan bagaimana rasanya dekat dengan orang yang sayang dengannya. Bahkan dia tidak ingin pergi jauh dari orang tuanya. Namun setelah anak itu memiliki seorang adik, tentu saja rasa sayang kedua orang tuanya terbagi  dengan adiknya. Dia akan merasa bahwa orang tuanya sudah tidak seperti dulu lagi, tidak sayang dengan dia, orang tuanya hanya memikirkan adik kecilnya. Bahkan dia sampai berfikir kalau orang tuanya sudah tidak peduli lagi dengannya. Sehingga dia merasa bahwa orang tuanya tersebut bersikap tidak adil. Padahal sebenarnya kasih sayang orang tua kepada anaknya senantiasa sama. Tidak pernah memberikan rasa sayang yang berbeda kepada anak-anaknya.  Orang tua selalu ingin memberikan segala sesuatu untuk anak-anaknya secara adil.
Memang sangat sulit untuk bersikap adil karena disaat kita mengambil sebuah keputusan yang menurut kita itu adil, namun orang lain belum tentu merasakan hal yang sama seperti kita. Jadi untuk bersikap adil dalam mengambil sebuah keputusan harus ada musyawarah terlebih dahulu dengan orang yang ikut berperan dalam keputusan tersebut, jangan mengambil keputusan secara sepihak. Karena apabila kita mengambil keputusan secara sepihak pasti orang lain merasa bahwa keputusan kita belum tentu adil meskipun kita sudah merasa bersikap adil.


0 komentar:

Posting Komentar