Pages

Minggu, 25 Maret 2012

Resume 4 : "Struktur Pasar"

Struktur pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri. Pada analisa ekonomi dibedakan menjadi pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna. Pasar persaingan tidak sempurna meliputi : pasar monopoli, pasar oligopoli, pasar duopoli, pasar monopolistik dan pasar monopsoni.
Saya akan sedikit meresume hasil diskusi presentasi dari kelompok empat yang berjudul “Struktur Pasar”. Pasar monopolistik adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran di mana terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan barang yang sama. Pasar monopolistik merupakan pasar yang memiliki sifat monopoli pada spesifikasi barangnya. Sedangkan unsur persaingan pada banyak penjual yang menjual produk yang sejenis.
Ciri-ciri dari pasar monopolistik adalah:
·           Terdapat banyak penjual/produsen yang berkecimpung di pasar.
·           Barang yang diperjual-belikan merupakan differentiated product.
·           Para penjual memiliki kekuatan monopoli atas barang produknya sendiri.
·           Untuk memenangkan persaingan setiap penjual aktif melakukan promosi/iklan.
·           Keluar masuk pasar barang/produk relatif lebih mudah.

Didalam pasar monopolistik para penjual mengimbangi keuntungan dan kerugian dari hasil barang yang dijual adalah dengan cara memberikan trik-trik dalam penjualan seperti menurunkan harga, memberikan pelayanan yang baik, serta melakukan inovasi-inovasi yang lebih menarik agar para pembeli dapat lebih tertarik untuk membeli barang yang ditawarkan.

0 komentar:

Posting Komentar