Pages

Rabu, 14 Maret 2012

Perilaku Konsumen

Perilaku konsumen adalah perilaku yang ditunjukkan oleh konsumen dalam mencari, menukar, menggunakan, menilai, mengatur barang atau jasa yang mereka anggap dapat memuaskan kebutuhan mereka.
Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen :
Ø  Faktor eksternal, meliputi : pengaruh keluarga, kelas sosial, kebudayaan, strategi marketing, dan kelompok referensi.
Ø  Faktor internal, meliputi : motivasi, persepsi, sikap, gaya hidup, kepribadian dan belajar.
Resume yang dapat saya ambil dari hasil diskusi kelompok 2 yaitu, Indonesia termasuk pasar terbuka. Dengan pasar terbuka sebaiknya kita harus berani menjual barang lokal ke luar negeri. Kita harus berani bersaing dengan produk import. Karena kalau dilihat barang-barang lokal buatan Indonesia banyak yang menarik. Saat ini produk kita masih kalah saing dari produk import. Hal ini dapat terjadi karena salah satunya disebabkan oleh teknologi di negara kita yang masih rendah. Coba kita lihat di negara China, disana teknologi sudah canggih, tenaga kerja banyak dan upah pegawai hanya sedikit sehingga produk dari China harganya relatif lebih murah dibandingkan dengan produk lokal buatan Indonesia. Faktor budaya juga mempengaruhi, budaya luar sudah masuk di negara kita sehingga banyak anak-anak muda zaman sekarang lebih memilih produk import dibandingkan produk lokal, selain harganya yang lebih murah, produk import juga biasanya modelnya lebih bagus karena dibuat oleh teknologi yang canggih. Kita sebagai warga negara Indonesia harus dapat membudayakan hasil produk lokal, kita harus kreatif menciptakan produk baru yang lebih menarik agar produk lokal dapat bersaing dengan produk import. Faktor keluarga juga sangat berperan penting dalam masalah ini, orang tua sebaiknya mengenalkan barang-barang lokal kepada anaknya sejak kecil agar anak tersebut dapat mencintai produk dalam negeri.

0 komentar:

Posting Komentar