Pages

Minggu, 11 Maret 2012

Kejahatan di Angkutan Umum


Sekarang-sekarang ini berita di televisi marak dengan pemberitaan kejahatan. Kejahatan kerap terjadi terutama di kota-kota besar seperti di Jakarta dan sekitarnya. Kasus kejahatan sekarang ini yang sering terjadi adalah kejahatan di angkutan umum.  Kejahatan di angkutan umum diantaranya pemerkosaan, pembunuhan, pencopetan dll. Korban dari kejahatan tersebut kebanyakan wanita. Sering terjadinya kejahatan di angkutan umum menggambarkan wajah angkutan umum di Indonesia sangat buruk. Padahal angkutan umum sangat dibutuhkan oleh masyarakat, namun dengan adanya kejadian tersebut pengguna angkutan umum menjadi turun karena takut kejahatan itu akan menimpa dirinya.  Saya termasuk sebagai pengguna angkutan umum, hampir setiap hari saya menggunakan jasa angkutan umum. Ketika saya menggunakan angkutan umum sering ada rasa takut terjadi kejahatan di angkutan umum yang saya gunakan. Setiap saya ingin menaiki angkutan umum, saya memilih angkutan yang ramai penumpangnya dan penumpangnya dominan wanita. Selain itu saya juga mencari supir angkutan umum yang memakai seragam.
Untuk menanggulangi kasus ini sangat dibutuhkan peran dari pemerintah, dinas perhubungan dan anggota kepolisian. Pemerintah diwajibkan untuk membenahi angkutan umum di Indonesia dengan melakukan perbaikan manajemen angkutan umum dan melakukan perbaikan / peningkatan fasilitas terminal, menambah halte, dan mengevaluasi rute trayek apabila kinerja angkutan umum sudah dinilai buruk, terutama di daerah yang tidak ramai atau sepi dan rawan dari kejahatan. Dengan adanya perbaikan tersebut, semoga pelayanan angkutan umum menjadi jauh lebih baik lagi. Dan pengguna angkutan umum tidak perlu khawatir lagi untuk menggunakan jasa angkutan umum, sehingga akan merasa nyaman saat menggunakan angkutan umum. Kita sebagai pengguna angkutan umum juga harus berhati-hati apabila ingin menggunakan jasa angkutan umum.

0 komentar:

Posting Komentar