Pages

Selasa, 18 Maret 2014

Konsep Dasar Database

Database adalah tempat menyimpan dan memproses informasi secara terstruktur dalam bentuk elektronik. Database dapat dikatakan sebagai kumpulan dari file/tabel yang membentuk suatu basis data. Database dapat digunakan untuk memasukkan, mengatur dan mengambil data dengan cepat. Database terdiri dari field, record dan file.
Field yaitu merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukan suatu item dari data, seperti misalnya nama, alamat dan lain sebagainya. Kumpulan dari field membentuk suatu record.
Record yaitu Kumpulan dari field membentuk suatu record. Record menggambarkan suatu unit dara individu yang tertentu. Kumpulan dari record membentuk suatu file. Misalnya file personalia tiap-tiap record dapat mewakili data tiap-tiap karyawan.
File yaitu terdiri dari record - record menggambarkan satu kesatuan data yang sejenis. Misalnya file mata pelajaran berisi data tentang semua mata pelajaran yang ada.

Terdapat tiga jenis database ketika kita mengembangkan database :

1.      Flat-type Databases
Flat-type databases adalah desain yang sederhana. Yang paling sering digunakan adalah format Plaint-text.
2.      Hierarchical Databases
Hierarchical database mirip seperti struktur “Tree” menggunakan “parent-child”, setiap tabel “parent” dapat memiliki beberapa tabel “child”, tetapi setiap tabel “child” hanya memiliki satu tabel “parent”.
3.      Relational Databases
Relational database mirip dengan database hierarchical data yang disimpan dalam tabel dan setiap ada informasi yang baru secara otomatis ditambahkan ke dalam tabel tanpa perlu mengatur ulang tabel itu sendiri.

Referensi :
http://notegan.blogspot.com/2013/06/Kumpulan-Definisi-Character-Field-Record-File-Database.html

0 komentar:

Posting Komentar