Pages

Sabtu, 05 Mei 2012

Lubang Resapan Biopori


Biopori merupakan metode penyerapan air yang bertujuan mengatasi banjir dengan cara meningkatkan daya serap air pada tanah. Dengan membuat biopori, tanah akan membentuk lahan resapan sehingga air hujan tidak tergenang namunterserap dengan semestinya. Dengan bantuan flora dan fauna kasat mata dalam tanah.
Lubang resapan biopori memiliki banyak tujuan. Meskipun tinggal di daerah yang jarang penduduk tetap dapat dilakukan untuk mengadaptasikan tanah sekitar menjadi lebih baik daya serapnya. Selain peresapan air, tujuan biopori lainnya adalah menambah air tanah, membuat kompos alami, dan mengurangi genangan air yang menimbulkan penyakit. Lalu mengurangi air hujan terbuang percuma ke laut, resiko banjir dan mencegah erosi tanah dan bencana longsor. Pembuatan lubang resapan biopori tidak hanya pada disekitar rumah dan kantor, dapat juga disekeliling pohon, tanah kosong antar tanaman atau batas taman.
Di dalam pembuatan lubang resapan biopori kita harus membutuhkan kesabaran dan tenaga. Berikut ini adalah cara membuat lubang resapan biopori :
  1. Gali lubang berbentuk silindris pada permukaan tanah dengan diameter 10-30 cm sedalam 100 cm. 
  2. Pada mulut lubang dapat dikuatkan dengan semen lalu tutup dengan loster agar tidak ada yang terperosok.
  3. Isi lubang dengan sampah organik non kimia kedalam lubang. 
  4. Buat banyaknya lubang berdasarkan besar kecilnya hujan yang ada di sekitar anda dengan rumus intensitas hujan (mm/jam) * luas bidang kedap air (meter persegi) / laju resapan air perlubang (liter/jam). 

0 komentar:

Posting Komentar